Blogger’s Marketing Tren

Jpeg
dok. pribadi

Pada zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, ada banyak wadah yang bisa digunakan untuk memasarkan sesuatu. Pasar perlahan berkembang menjadi sesuatu yang lebih luas, tidak hanya dalam artian tempat atau berupa sebuah toko fisik saja. Beberapa orang mulai mengembangkan trik marketing lewat dunia maya –terutama media sosial, serta web dan blog.

Dunia maya menjadi hal yang sangat digandrungi orang-orang dari berbagai kalangan –tentu saja anak muda, sebagian besarnya, karena mampu menghadirkan arus kehidupan yang begitu cepat. Berbagai informasi berlalu-lalang tanpa terhalang batasan waktu. Dan hal inilah yang kemudian dimanfaatkan untuk menjalankan strategi marketing via media sosial. Orang-orang dapat mengakses dunia maya selama berjam-jam dalam sehari, dan tentu –perlahan tapi pasti, hal-hal yang ditayangkan di dunia maya bisa mencuri banyak perhatian khalayak, baik berupa postingan, iklan, jurnal ilmiah, dan berbagai jenis tulisan serta gambar atau video.

Menurut saya sendiri, marketing via dunia maya –terutama blog, adalah sesuatu yang cukup cerdas. Cyber promotion seperti ini tidak memakan biaya sebanyak promosi biasa. Hal pertama yang perlu dibangun dengan kuat adalah pembaca. Ketika sebuah blog sudah memiliki banyak pembaca, maka tidak akan sulit untuk menjaring mereka agar meng-klik postingan-postingan di dalam blog tersebut.

Beberapa manfaat dari blog marketing misalnya murah dan mudah dijangkau. Murah, karena di dunia maya sudah ada banyak sekali platform blog yang tersedia. Jika menyukai alamat blog dengan domain, kita juga bisa membeli domain tahunan dengan biaya yang ramah di kantong. Ditambah lagi, postingan lebih mudah diedit jika ada perubahan informasi yang ingin disebarkan, berbeda jika kita menggunakan materi promosi dalam bentuk fisik yang kerap dicetak ulang setiap kali ada informasi kecil yang berganti seiring berjalannya waktu.

Selain itu, fitur mesin pencari juga memudahkan pelanggan untuk menjangkau apa yang kita promosikan di dunia maya, dan membuat jangkauan marketing sebuah brand menjadi lebih luas. Tidak ada lagi batasan di antara penjual dan pelanggan, karena lewat blog atau media sosial lain keduanya dapat berinteraksi lebih dekat. Dengan rajin menulis blog, kita pun bisa mendapatkan banyak teman-teman baru sesama blogger, bahkan terkadang ikut acara-acara khusus blogger. Hal ini tentunya bermanfaat untuk membangun jaringan pertemanan.

Beberapa tahun yang lalu, barangkali pengguna blog tidak begitu merata. Hanya kalangan tertentu yang rutin menulis dan mengulas sesuatu di blog, namun semakin lama pengguna blog semakin merata. Anak-anak muda mulai yakin bahwa blog ternyata bermanfaat dan menyenangkan. Mereka mulai menuliskan daily journal, laporan tugas, hingga memasarkan barang-barang kreasi sendiri untuk dijual di blog. Fenomena inilah yang kemudian membuat blogger marketing menjadi sebuah tren yang tidak boleh diabaikan.

Lewat engagement yang kuat, pemasaran di dunia maya pada dasarnya bisa menghasilkan sesuatu yang sukses. Orang-orang menjadi lebih nyaman memilih, membeli, bahkan membaca review sebuah brand lewat dunia maya. Sebab, seringkali ulasan di dunia maya –dalam hal ini, terutama blog, menjadi sesuatu yang jujur. Orang-orang kerap menuliskan ulasan di blog pribadi, tanpa ada kepentingan apa pun. Maka, ulasan inilah yang kemudian berguna untuk meningkatkan penjualan sebuah produk atau brand.

Blog adalah pilihan bagus dalam tren cyber marketing, dan bukan tidak mungkin, ke depannya marketing dunia maya akan semakin terus berkembang. Jadi, saya rasa, tidak ada alasan untuk ragu dalam menjalankan cyber marketing, mengingat semua hal di zaman sekarang, yang mulai serba digital.

(Visited 44 times, 1 visits today)

Silakan baca juga...

6 Comments

  1. Betul mbak lagi booming, teman saya aja jualan obat herbal, kalau saya sendiri sih jualan buku dan jasa ruqyah.

    Semoga dengan konten marketing bisa meningkatkan penjualan seperti yang diharapkan kita ya mbak.

    Salam kenal ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *