Ada yang tahu Indonesia Readers Festival aka Festival Pembaca Indonesia? Buat yang udah biasa main di Goodreads atau suka baca atau suka nulis atau suka buku atau anak buku banget, pasti tahu. Ini acara tahunan yang digelar Goodreads Indonesia, dengan menghadirkan banyak komunitas buku, penerbit, dan juga tentunya banyak acara lainnya. Selain booth-booth komunitas, kamu bisa ikut talkshow penulis atau ada juga workshop nulis tentunya. Semuanya free entry, kamu hanya perlu bayar karcis masuk museum, karena dua tahunan ini IRF selalu diadakan di museum. Tahun lalu di Museum Mandiri, Jakarta Kota. Sedangkan 6-7 Desember 2014 kemarin, acaranya di Museum Nasional (Museum Gajah).

Nah, gue sendiri baru pertama ke acara ini tahun lalu. Waktu itu gue lagi mumet dan nggak tahu mau ke mana buat refreshing, seorang teman menyarankan gue ke IRF. Hasilnya maknyus, gue lebih bahagia sepulang dari sana. Ini nggak lebay, tapi beneran. Gimana nggak bahagia kalo pulang-pulang gue seret buku satu goodiebag penuh hasil kuis dan bookswap/bookwar? Gile, lalu gue bertekad bahwa IRF ini akan jadi agenda rutin gue tiap tahun. Ternyata acaranya beneran seru, nggak sekedar jadi penyembuh patah hati.

Dan tahun ini, tiga komunitas gue (IYA, TIGA) buka booth di IRF; @bookaholicfund, @BBI_2011, dan keluarga baru gue @Kaskus66

Kenapa mendadak eksis sih, Mput?!

Iya nih, nggak tahu kenapa, laris bener tahun 2014. Mendadak jadi ikut ini itu, terus jadi tergabung di banyak komunitas. Terus perutnya endud, terus pipinya offside. CUKUP, ini apa? 🙁

Baiklah, langsung aja laporannya.

IRF itu diadakan selama dua hari. Karena BBI dan Kaskus Serapium jamaahnya udah banyak kayak buruh mau demo, jadinya gue fokus ke booth BFG (singkatan Bookaholicfund). Gue sama beberapa temen anak BFG jaga booth, memperkenalkan apa itu BFG kepada pengunjung-pengunjung yang datang. Walau kadang gue kabur juga pas bookswap, walau kadang ada aja yang nyegat di tengah jalan buat cipika-cipiki dulu, walau ada aja yang protes kenapa gak mampir ke booth, walau banyak banget ternyata yang sayang sama Mput. Hahaha. *ketawa power ranger*

Soo, untuk BBI dan Kaskus Serapium sih udah eksis di IRF sejak zaman batu. Jadi anggota dan abdi dalemnya udah segudang. Nah, Bookaholicfund nih, berhubung baru dibentuk tanggal 16 Januari 2014, jadi baru sekali ini ada di IRF.

Apa sih itu BFG? Singkatnya aja, BFG ini akun amal. Cara kita beramal adalah lewat buku. Apapun itu; lelang buku, bikin buku lalu royalti didonasikan, sale buku, dan segala macamnya. Kita juga nerima sumbangan buku dari kamu, kamu, dan kamu (nunjuk pembaca, penulis, penerbit) buat dilelang atau disale untuk kemudian dananya disumbangkan bagi yang membutuhkan. Dijamin seru dan lucu. Tenang, Mimsnya BFG ini lucu semua kok.

Soo, jadi inilah yang terjadi di IRF selama dua hari.

Selviana dari Goodreads indonesia, dan kaos BFG yang dia menangin dari hasil kuis. Lalu orangnya heboh minta difotoin. BELOM JUGA KRU SURUH FOTO, DIA UDAH MINTA FOTO. *dicekek Selfie*
Selviana dari Goodreads indonesia, dan kaos BFG yang dia menangin dari hasil kuis. Lalu orangnya heboh minta difotoin. BELOM JUGA KRU SURUH FOTO, DIA UDAH MINTA FOTO. *dicekek Selfie*
Pemenang Lomba foto selfie di booth BFG ^^
Pemenang Lomba foto selfie di booth BFG ^^
Para peserta games :)
Para peserta games 🙂
yang pada narsis di booth.
yang pada narsis di booth.
Pemenang lomba foto selfie di booth BFG. Hihi, yang satu ini pesertanya niat banget. Sampe nongkrong lama di booth buat dapet gaya yang keren. Salut!
Pemenang lomba foto selfie di booth BFG. Hihi, yang satu ini pesertanya niat banget. Sampe nongkrong lama di booth buat dapet gaya yang keren. Salut!
Ukhti-Ukthi narsis berikutnya. :P Next!
Ukhti-Ukthi narsis berikutnya. 😛 Next!

1418005528

salah satu kakak-kakak gaul Cibinong juga nyasar ke booth BFG :p @nonnanne
salah satu kakak-kakak gaul Cibinong juga nyasar ke booth BFG :p @nonnanne

1418005595 1418005610 1418005624 1418005638

Kru BFG, Kiri ke kanan (@Mandewi, @danissyamra, @unidzalika, gue)
Kru BFG, Kiri ke kanan (@Mandewi, @danissyamra, @unidzalika, gue)
yang kayak abege mau nonton konser itu ketuanya BFG, @naztaaa
yang kayak abege mau nonton konser itu ketuanya BFG, @naztaaa
uda @sulunglahitani menyerahkan hadiah games ke peserta.
uda @sulunglahitani menyerahkan hadiah games ke peserta.

Jpeg Jpeg Jpeg

Pasangan baru BFG. Entah kapan jadiannya, eh... itu udah ada anaknya aja?! *guncang-guncang kamera sampe memorinya nyembur*
Pasangan baru BFG. Entah kapan jadiannya, eh… itu udah ada anaknya aja?! *guncang-guncang kamera sampe memorinya nyembur*
foto rame-rame kayak di kawinan.
foto rame-rame kayak di kawinan.
foto di blackhole museum nasional. Tebak, kalo masuk sini, keluarnya di mana? :|
foto di blackhole museum nasional. Tebak, kalo masuk sini, keluarnya di mana? 😐
DAN FINALLY, foto sama Mas Ijul @fiksimetropop muehehe.
DAN FINALLY, foto sama Mas Ijul @fiksimetropop muehehe.
masih ada yang narsis :P
masih ada yang narsis 😛
Mbak Orizuka dan Lia Indra Andriana dari Penerbit Haru, singgah ke BFG :)
Mbak Orizuka dan Lia Indra Andriana dari Penerbit Haru, singgah ke BFG 🙂
foto wajib upload, di booth The Mortal Instruments Indonesia aka @TMIndo
foto wajib upload, di booth The Mortal Instruments Indonesia aka @TMIndo
bareng @miss_zp
bareng @miss_zp
Iya, niat. Nggak cukup  1 gaya, dan pake tongsis.
Iya, niat. Nggak cukup 1 gaya, dan pake tongsis.

Jpeg

agak burem, tapi tetep berasa di kamar clary :P
agak burem, tapi tetep berasa di kamar clary 😛
buku hasil ngerampok di bookswap 1
buku hasil ngerampok di bookswap 1
buku hasil ngerampok di bookswap 2
buku hasil ngerampok di bookswap 2
printilan-printilan kecil hadiah games dan hadiah dari booth sebelah
printilan-printilan kecil hadiah games dan hadiah dari booth sebelah
daper dari booth Cakrawala Gelinjang :p @Bukukipas
daper dari booth Cakrawala Gelinjang :p @Bukukipas
TADAAA.. Seru ternyata. Menanti IRF 2015!
TADAAA.. Seru ternyata. Menanti IRF 2015!
hasil foto binal ini, dapet buku sandra brown.
hasil foto binal ini, dapet buku sandra brown. Kurang binal juga? Tenang aja, tahun depan Cakrawala Gelinjang mau bawa tiang striptis ke IRF. *ulalaa*
Keluarga baru, Kaskus Serapium. Komunitas pembaca dan penulis di Kaskus.
Keluarga baru, Kaskus Serapium. Komunitas pembaca dan penulis di Kaskus.

Mungkin BFG masih belum maksimal, namanya juga baru kali pertama nongkrong di IRF. Jujur, kami udah berusaha melakukan banyak persiapan, pontang-panting dari jauh hari, tapi karena nggak tahu sikon, jadinya masih ada aja yang kurang. Misal, ketika gue lihat booth lain isinya rame bener, sampe seluruh dindingnya penuh tempelan. Sedangkan dinding booth BFG masih polos, cuma ada spanduk mini sebiji. Honestly, anggotanya juga nggak banyak yang hadir, jadi beberapa games kayak games #CariKruBFG nggak bisa dilaksanakan. Padahal kalo beneran ada, menurut gue ini nggak kalah seru sama amazing race. Lari-larian, cepet-cepetan.

Semoga tahun depan bisa ikut lagi dan semakin maksimal persiapannya. Dan semoga tahun depan lebih banyak yang hadir.

Kalo kamu pengin tahu lebih banyak, bisa buka blog atau twitternya @bookaholicfund. Januari nanti kita bakal ada hajatan besar-besaran dalam rangka setahun BFG. MamihBos @naztaaa udah mulai mikirin konsep seru, dan tentu sajoo ada lelang buku-buku kece.

Tambahan, dan tentunya tahun ini gue seret goodiebag penuh buku lagi. Kali ini dua goodiebag, dalam tempo dua hari. Makanya, tahun depan ke IRF! 😛

Sekian.

Salam olahraga!

@Kopilovie

(Divisi Lelang BFG)

Another post from @naztaaa selaku ketua BFG.

(Visited 20 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *