#TantanganMenulis

#TantanganMenulis Tambahan

Haiii, masih inget sama #TantanganMenulis yang ramai diposting di tweet @kopilovie @miss_zp dan @warung_blogger beberapa waktu lalu? Yak, gue dan @miss_zp mengucapkan terima kasih banyak buat yang sudah ikutan nulis, ya ^^ kita nggak nyangka bahwa responnya seramai itu. Terima kasih juga untuk Warung Blogger selaku media partner dalam menyebarkan virus *halah* menulis ini.

List tulisan yang sudah masuk ke meja host, bisa dibaca di sini. @miss_zp berbaik hati merangkumnya menjadi 1 page postingan. Hehe 😀

Nah, selanjutnya apa yaaa..

Dari sekian banyak yang posting kemarin, ada beberapa nih yang jadi idola para host. Dan sebagai kejutan berikutnya, kami akan memisahkan #TantanganMenulis menjadi dua bagian. Dengan ini, hastag juga dipecah menjadi 2 bagian, ya. Masing-masing tantangan ini dibuat oleh host berdasarkan ketentuan masing-masing, semuanya boleh ikutan, dan kali ini tentu saja berhadiah.

YAY!  😛

1. #TantanganZelie

tantanganzelie

Seperti yang kalian ketahui, tema Tantangan Menulis ada 14 (tema bebas tidak dihitung dalam tantangan kali ini, ya). 14 tema itu dari awal dibuat masing-masing 7 tema oleh gue dan Zelie. Buat yang pengin ikutan #TantanganZelie, kalian ditantang untuk:

Membuat SATU POSTINGAN dengan menggabungkan DUA TEMA yang ada. Hanya dua tema saja, ya. Biar nggak terlalu ribet 🙂

Tema dari Zelie adalah:

  • Serenade: A piece of music sung or played in the open air, typically by a man at night under the window of his lover.
  • Koi no Yokan: The sense one can have upon first meeting a person that the two of you are going to fall in love. Differs from “love at first sight” as it does not imply that the feeling of love exists, only the knowledge that a future love is inevitable.
  • Pochemuchka: A person who asks too many questions
  • Natsukashii: Of some small thing that brings you suddenly, joyously back to fond memories, not with a wistful longing for what’s past, but with an appreciation of the good times
  • Prozvonit: To call a mobile phone only to have it ring once so  that the other person would call back allowing the caller not to spend money on minutes.
  • Age-otori : To look worse after a hair cut
  • Boketto: A Japanese word which frankly doesn’t have a good English translation. The idea behind Boketto is staring at the sky without a thought… Losing ones own self in the distance

2. #TantanganMput

tantanganmput

Sama seperti tantangan di atas, di bagian ini, kalian diwajibkan menuliskan sesuatu dari tema-tema yang sudah gue ajukan dari awal. Tantangannya adalah:

Membuat postingan dari salah satu tema, menggunakan SUDUT PANDANG orang lain. Misalnya, tentang benda kesayangan. Kalau sebelumnya kalian sudah menuliskan tentang benda kesayangan kalian, kali ini tuliskanlah dari sudut pandang orang lain. Bisa dengan cara wawancara teman/adik/tetangga/siapa pun itu. Tanyakan, apa benda kesayangan mereka dan mengapa mereka menyayangi benda itu. Kemudian tuliskan di blog dan lebih bagus lagi kalau ada fotonya ^^ Ini contoh, ya. Kalian bisa menggunakan tema-tema lainnya, KECUALI tema milik Zelie.

Tema-tema  Mput adalah:

  • Tuliskan sesuatu tentang benda kesayanganmu: Benda apa saja; entah boneka, bantal kesayangan, benda yang kamu anggap membawa keberuntungan, atau beda yang kerap ada bersamamu. Seandainya mereka bisa mendengar dan membaca, apa yang ingin kamu sampaikan?
  • Tuliskan sesuatu untuk dirimu 2 tahun mendatang: Karena 5 atau 10 tahun terlalu jauh, maka tuliskan sesuatu untuk dirimu di tahun 2017. Apa yang kamu harapkan darinya? (pada bagian ini kamu dapat bertanya pada narasumbermu, apa impian mereka untuk diri mereka sendiri di 2 tahun mendatang?)
  • Ceritakan salah satu impian terbesarmu: Impian yang sangat ingin kamu capai dan bisa jadi adalah sebuah goal utama dalam hidupmu.
  • Tuliskan sesuatu untuk orang yang tidak kamu suka/mungkin tidak menyukaimu: Manusia tetap manusia, yang punya sahabat maupun orang-orang yang bertentangan dengannya. Maka, sesekali tuliskan sesuatu untuk mereka –yang mengusik hidupmu, atau yang merasa terusik karenamu. Apa yang ingin kamu katakan untuk mereka?
  • Tuliskan tentang tempat yang ingin sekali kamu kunjungi: Tempat mana saja, tak berbatas bumi. Jika kamu ingin ke Mars, tulislah. Imajinasi tak pernah punya batas apa-apa.
  • Tuliskan sesuatu untuk lelaki/perempuan dalam hidupmu: Jika kamu lelaki, mana menulislah untuk perempuan dalam hidupmu, dan sebaliknya. Bagian ini juga tak berbatas, kamu dapat menuliskan sesuatu untuk orangtuamu, kakak adikmu, pacarmu, istri/suamimu, iparmu, sepupumu, kakek nenekmu, guru masa kecilmu, atau mungkin idolamu?
  • Ceritakan sedikit tentang pengalaman tak terlupakan dalam hidupmu: Dari sekian banyak pengalaman yang pernah kamu alami, dan mungkin pernah kamu tuangkan dalam tugas mengarang di pelajaran Bahasa Indonesia sewaktu di bangku sekolah, pilihlah satu saja yang paling berkesan. Ceritakan pada kami semua.

Ketentuan tantangan kali ini kurang lebih sama seperti sebelumnya:

  1. Memiliki blog sendiri (bisa blogspot, wordpress, blogdetik, tumblr, dan lainnya). Jika kamu tidak punya blog sama sekali namun ingin ikut menulis, bisa gunakan notes Facebook (privasi disetting public, ya).
  2. Menuliskan tantangan yang kamu pilih di blogmu masing-masing. Jangan lupa sertakan hastag di judul postingan, ya. Biar host nggak bingung, kamu ikutnya tantangan yang mana ^^ Misalnya: #TantanganMput – Benda Kesayangan Adikku.
  3. Silakan share link postinganmu ke @kopilovie dan @miss_zp setelah selesai menulis, biar bisa di RT dan banyak yang baca + memberi komentar. Gunakan hastag sesuai tantangan yang kamu ikuti.
  4. Host akan share seluruh postingan yang masuk, dan kali ini ada SELEKSI untuk mendapatkan hadiah buku yang kami sediakan ^^ hadiahnya masih rahasia, dong.
  5. Deadline tantangan kali ini lebih singkat, ya. Dari tanggal 6-13April 2014.

Nah, selamat menulis 😀 kami tunggu tulisanmu ^^

P.S.: jika tantangan ini tidak seramai ekspektasi, maka hadiah akan dialihkan pada peserta yang sudah ikut #TantanganMenulis dengan ketentuan postingan favorit masing-masing host.

(Visited 33 times, 1 visits today)

6 thoughts on “#TantanganMenulis Tambahan

  1. Reblogged this on Miss ZP and commented:
    Jadi ceritanya, saya lagi malas untuk buat postingan baru *ditendang

    Pokoknya, kalian harus ikutan tantangan tambahan ini! Apalagi buat yang sudah ikutan di bulan Februari-Maret.

    Anyway, thank you Mput yang udah bikin banner unyu!

    Ayo, terus menulis! *wink

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *