#NulisRandom2015

#NulisRandom2015 – Poin of View (3)

Image from @byotenega 's blog
Image from @byotenega ‘s blog

Apa hal pertama yang terlintas ketika mendengar kata marijuana?

Mungkin kalian akan merasa euh, atau merasa ini hal yang tidak akan kalian pikirkan sama sekali. Atau malah nggak ngeh apa itu marijuana?

Mari kita sederhanakan: Daun ganja.

Membicarakan narkoba, rasa-rasanya tak ada jenis narkoba yang kalau boleh dibilang ‘legend’ dibandingkan barang haram yang satu ini. Ganja alias marijuana, ini adalah jenis narkoba yang keberadaannya sudah dikenal para pecandu narkoba sejak lama. Meski banyak narkoba jenis baru, namun ganja tak surut popularitasnya.Kranggan.blogdetik.com

Ganja identik dengan sesuatu yang buruk. Barang haram. Mengonsumsi barang satu ini katanya bisa membuat manusia jadi addict dan susah lepas (walau bukan berarti nggak bisa), dan macam-macam lagi.

Image from Montgomery County Police Reporter

Tapi mungkin nggak banyak yang tahu, bahwa dari sudut pandang lain, daun ganja punya banyak manfaat.  Konon kabarnya, ganja dicap ilegal karena bisa membunuh banyak bidang industri. Tak penting saya membaca atau mendengar hal ini dari mana, tak penting juga saya berteman dengan penggunanya atau tidak. Poinnya masih sama seperti postingan-postingan saya yang sebelumnya. Kita kadang enggan melihat sesuatu dari sisi lainnya, dan terus-menerus mempercayai sebuah sisi saja.

Ganja jika dipakai sebagai bahan baku kertas, bisa membuat kualitasnya menjadi lebih baik, dan katanya kuat sampai kurang lebih 7 kali daur ulang,  padahal kualitas kertas yang biasa hanya hingga 3 atau 4 kali saja. Begitu juga dengan tekstil, dan bidang-bidang yang sejenis. Sedangkan di bidang kesehatan, ganja konon bisa digunakan untuk bahan obat.

Image from here

Banyak, banyak sekali manfaat yang mungkin tidak pernah kita ketahui, atau barangkali belum. Dan kita hanya tahu bahwa ganja adalah sesuatu yang berbahaya, padahal mungkin itu tergantung digunakan untuk apa. Jika digunakan untuk sesuatu yang benar, ya nggak jadi bahaya.

Well, begitulah.

🙂

Sudut pandangmu dari sebelah mana, kira-kira?

(Visited 117 times, 1 visits today)

3 thoughts on “#NulisRandom2015 – Poin of View (3)

  1. Ambil dari segi manfaatnya saja daripada sisi merusaknya. Sama seperti alkohol, sangat berguna untuk mensterilkan luka, tapi sangat merusak jika dicampur dengan minuman. Sayangnya baik ganja maupu alkoho, meski mempunyai banyak manfaat yang positif,l sudah terlanjur dicap sebagai image buruk di masyarakat karena prakteknya lebih banyak digunakan untuk sisi negatifnya dengan motf keuntungan.

    Oh, ya, salam kenal mbak Putri. Moga saling berkunjung ya 🙂
    http://www.cerpen-case.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *