#NulisRandom2015

#NulisRandom2015 – Perjalanan

Image from @byotenega 's blog

Image from @byotenega ‘s blog

Sesuai judul postingannya, hari ini saya ingin cerita tentang perjalanan. Bukan tentang perjalanan saya ke kota A atau perjalanan saya ke kota B. Atau ke kota manapun. Saya hanya ingin bercerita tentang perjalanan secara general.

Apa arti sebuah perjalanan buatmu?

Saya selalu suka perjalanan, tapi saya tak suka naik pesawat, walau memang sampai sekarang ini malah pesawat termasuk transportasi paling nyaman. Saya hanya tak suka suara deru mesin pesawat yang kerap membuat telinga saya sakit. Karena itu, saya lebih suka perjalanan darat.

Beberapa kali saya naik bis, dan dari bis kita bisa melihat banyak pemandangan, bisa menghabiskan waktu untuk melamunkan sesuatu yang kadang memang tak penting, tapi asyik untuk dipikirkan. Dari balik jendela bis saya pernah melihat pengamen dan pedagang asongan berjuang mencari uang, suasana pantai, sawah yang masih hijau, gunung yang semakin mendekat, hingga anak kecil yang tengah duduk di atas gardu listrik sembari memandangi orang-orang bermobil memasuki kota mereka.

image

Saya merasa saat-saat seperti itu adalah waktu yang ajaib. Saya mungkin takkan bisa melihat hal yang sama dua kali, walau ke depannya saya kembali ke tempat yang sama dan mengambil rute perjalanan yang sama.

Saya senang menikmati apa yang saya lihat di jalan. Kadang, apa tampak dari balik kaca itu jujur sekali, bisa membuat kita bersyukur, sedih, atau merasa lucu. Saya seperti disuguhi, ini lho kehidupan itu. Film dari segala film, dengan Tuhan sebagai sutradaranya.

Dan memang, saya termasuk orang yang paling suka posisi duduk di dekat jendela, agar saya dapat melihat banyak hal.

image
Pada suatu ketika, dari Anyer menuju Jakarta

Melihat jalanan sambil berpikir seringkali membuat saya nyaman, bahkan lupa pada apa-apa yang sedang menyusahkan hati. Entah mengapa, alam punya daya magis yang kuat sekali, bisa mengalihkan kita dari hal tersulit sekalipun.

Saya suka gunung, dan segala hawa dinginnya.
Saya suka pantai dan segala hawa terik membakarnya.
Saya suka kota kelahiran saya, yang kecil namun punya sejuta cerita.
Saya suka semua perjalanan.
Saya suka perjalanan, karena kerap membawa saya pada hal-hal baru.

Dan saya ingin berjalan lebih jauh lagi.

I don’t wanna be alone forever, maybe we could see the world together. – Gypsy, Lady Gaga.

Posted from WordPress for Android

(Visited 47 times, 1 visits today)

2 thoughts on “#NulisRandom2015 – Perjalanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *