#NulisRandom2015

#NulisRandom2015 – Bagaimana Caramu Menghargai Pemberian Orang Lain?

Apa hal pertama yang kamu pikirkan ketika membaca judul postingan ini?

Saya tak ingin menebak, tapi postingan ini ditulis karena kemarin saya baru mampir ke tempat penjualan buku bekas di daerah Blok M, kemudian menemukan buku salah satu teman saya, yang dulu pernah ia berikan ke salah satu selebtweet. Buat kamu yang memang sering main twitter mungkin sudah tahu arti dari istilah itu. Selebtweet kurang lebih sama kayak seleb-seleb lainnya; selebgram di instagram, atau selebask di ask.fm 🙂 ya, artinya mereka yang termasuk terkenal di ranah twitter.

Si selebtweet itu termasuk penulis aji mumpung, kalau menurut saya. Karena dia tak menulis sebelum tenar, tiba-tiba saja bukunya terbit ketika dia sudah jadi selebtweet. Kawan saya itu, yang tak akan saya sebutkan siapa, memberikan bukunya kepada di selebtweet, beberapa tahun lalu ketika si selebtweet main ke kotanya. Memang, buku tersebut buku indie, yang artinya diterbitkan dengan dana dan usaha sendiri, bukan seperti buku-buku di bawah penerbit mayor yang wara-wiri di toko buku. Tapi saya tahu bahwa tiap penulis indie punya harapan besar untuk buku mereka.

Dan kembali ke topik, buku itu (lengkap dengan tandatangan kawan saya dan id twitter si selebtweet tercantum di bagian depan) saya temukan di antara obralan buku 10 ribuan di blok M. What’s going on?

Begitukah cara beberapa orang menghargai pemberian orang lain? Saya tak tahu entah benar dia yang ‘membuang’ buku tersebut untuk dikiloin dan dijual di tempat buku bekas, atau ada kronologis lain dari perjalanan buku tersebut hingga mendarat di Blok M, tapi tetap saja saya dan kawan-kawan lain agak kaget.

Ada kawan saya yang malah sebaliknya, ia menyimpan buku-buku karya teman-temannya di satu rak, dan tak akan dijual, demi menghargai karya si teman.

Tiap orang ternyata punya cara berbeda untuk menghargai karya dan pemberian orang lain 🙂

Kalau kamu? 😛

Posted from WordPress for Android

(Visited 94 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *