#NulisRandom2015

#NulisRandom2015 – Buku yang Harus Saya Baca

image

Karena event Nulis Random sedang berlangsung, saya pikir nggak ada salahnya sekalian postingan kuis di sini. Biasanya, saya sering mengadakan kuis di Twitter saya, @Kopilovie. Tapi sekarang, mendadak saya ingin mengadakannya di blog.

Alasannya simpel juga, cuma pengin ganti suasana aja. Karena terlalu banyak kuis di twitter dan jumlah karakternya pun kurang banyak saya rasa.

Hehe. Jadi, sudah bisa kamu simpulkan, ya? Kuis kali ini jawabannya agak panjang. Tapi tenang saja, mudah kok pertanyaannya. Jadi, kuis kali ini dalam rangka peluncuran blog saya menjadi petronelaputri.com πŸ˜‰

Rules:
1. Follow twitter saya di @Kopilovie
2. Jawab pertanyaan berikut di KOLOM KOMENTAR postingan ini, BUKAN di Twitter atau di tempat lain. Posting jawaban di tempat lain tidak akan saya hitung.

A. Saya sedang ingin membaca buku dan saya butuh masukan, menurutmu buku apa yang bagus serta wajib baca? Boleh segala genre, sih. Tapi saya lagi pengin baca fantasi yang nggak berat, kalau-kalau kamu punya saran bagus. Mungkin sejenis Urban Fantasi kayak The Mortal Instruments, masih ada bagian kehidupan nyatanya, bukan fantasi ‘berat’ yang pure dengan dunianya sendiri seperti The Lord of The Rings ^_^ (Sebagai catatan: saya nggak baca teenlit, hehe)

B. Mengapa saya harus membaca buku itu? Di bagian ini kamu bisa menuliskan apa saja keunggulan bukunya.

C. Jangan lupa sertakan identitas buku, ya. Judul buku, pengarang, penerbit, agar saya tidak kesulitan mencarinya nanti πŸ™‚ kalau kamu pernah review, boleh tautkan link blogmu juga. Nanti saya akan mampir.

D. Dan jangan lupa cantumkan biodatamu; berupa nama, akun twitter/Facebook, Blog, e-mail.

3. Jangan takut kalau komentarmu tidak muncul. Sistem web ini moderasi, jadi komentarmu akan muncul jika saya approve. Tujuannya untuk menghindari spam. Jadi, submit komentar sekali saja. Saya akan mengecek setiap hari, kalau memang jawabanmu tidak muncul dalam 24 jam, kamu boleh posting ulang.
4. Setelah jawabanmu diposting, silakan tweet (atau sebarkan di socmed yang lain juga boleh banget) tentang info kuis ini, biar rame dan teman-temanmu tahu. Ya kira-kira bisa seperti ini, “Halo! Aku baru ikut #KuisBuku di blog @Kopilovie lho! Yuk ikutan juga, cek infonya di http://petronelaputri.com/index.php/2015/06/20/nulisrandom2015-buku-yang-harus-saya-baca ya!”
5. Periode kuis 20 Juni sampai 30 Juni 2015. Pemenang akan saya hubungi via twitter/e-mail.
6. Saya punya 3 paket buku kolpri yang baru saya keluarkan dari lemari sebagai hadiahnya. Judulnya rahasia. Paket akan saya bungkus menjadi 3 dan masing-masing pemenang berhak memilih sesuai urutannya. Pemenang pertama akan memilih pertama kali, diikuti pemenang kedua dan ketiga. Foto paketnya menyusul πŸ™‚ yang jelas, tiap paket isinya lebih dari satu buku.
7. Semangat! πŸ˜› ditunggu jawabannya ^_^

Catatan:
[Foto: dok. Pribadi]
Banner kuis, boleh kalian share ke socmed masing-masing dan tautkan ke postingan ini πŸ™‚
Blog buku saya bisa dikunjungi di sini.
image

Posted from WordPress for Android

(Visited 164 times, 1 visits today)

22 thoughts on “#NulisRandom2015 – Buku yang Harus Saya Baca

  1. Hmm bingung juga ya selera orang beda-beda sih. Pasti novel ya kesukaannya? Mungkin dari yg sebelumnya saya baru baca deh, Dunia Anna-nya Jostein Gardeer terbitan Mizan, ini novel fantasi filsafat tapi ga terlalu bikin migrain kayak Dunia Sophie sih.
    Lalu bisa juga Namaku Mata Hari-nya Remy Sylado dari Gramedia, ini juga fantasi, tapi fantasi seks. Atau mungkin yg lagi ngehits tuh, Game of Throne-nya George RR Martin terbitan Fantasious.
    Kenapa harus baca ini? Hmm ga tau juga sih, saya biasanya asal baca aja sih, tapi milih-milih sesuai penulis yg emang pernah bikin saya takjub. Dan maaf suka lupa bikin review kalau habis baca.

    Twitter/IG: @yeaharip

  2. Kalau saran saya, Kakak wajib baca “The Book of Lost Thing” karya John Connolly. Kenapa? Karena menurut saya buku ini punya cerita yang nggak biasa dimana Snow White, Si Tudung Merah, Putri Tidur, akan memiliki cerita yang berbeda dari yang biasa kita baca dan tahu. Tokoh utamanya seorang anak bernama David dengan latar perang dunia kedua kalau tidak salah. Dia memasuki dunia baru yang akan merubah hidupnya. Ceritanya bikin candu, dulu saya baca waktu kelas 3 SMA. Sampai malam, sudah disuruh tidur sama Ayah, saya tetap aja baca di bawah selimut pakai penerangan handphone (biar nggak ketahuan), habisnya ceritanya nagih buat segera diselesaikan. Oh ya, saya paling ngeri kalau inget Leroy, si Mutan serigala berjalan tegak sama rusa berkepala manusia. Endingnya (menjelang ending sampai ending) sempat bikin saya nyesek, karena ada bagian yang menurut saya bikin kita sadar bahwa keluarga kita itu berharga walaupun kadang ada benci yang muncul diantaranya.. Saya nggak sempat review soalnya bukunya udah diminta yang punya πŸ˜€
    Oh ya, penerbitnya Gramedia Pustaka Utama πŸ™‚
    Ada lagi yang saya sarankan, Pentalogi Supernova (bakalan jadi Heksalogi kalau Intelegensi Embun Pagi udah terbit) karya Dee. Saya baru selesai baca Partikel dan masih mau move on ke Gelombang. Oh ya, buku pertamanya yang Ksatria Putri dan Bintang Jatuh, menurut saya agak bikin pusing apalagi pas teori-teori fisikanya dimunculin. Buku kedua, Akar nggak seberat buku pertama. Tentang Bodhi si backpaker yang petualangannya menegangkan. Buku ketiga, Petir tentang si Etra yang sering kesambar petir. Buku keempat, Partikel, tentang Zarah yang hidupnya terlalu banyak dipenuhi konflik. Dia sempat jadi Ibu asuh orangutan di Tanjung Puting. Berkelana buat nyari Ayahnya yang hilang sampai ke Eropa..
    Sementara itu saja yang saya sarankan. πŸ˜€

    Warastri Rezka Hardini
    @RezkaHardini
    rezkahardini.blogspot.com
    dini.rezka@gmail.com

  3. A. Mput lagi pengen baca fantasy tapi yang ringan-ringan kan? semoga buku yang saya rekomendasikan ini belum kamu baca, hehe. Baca serial How to Train Your Dragon, deh ada 8 seri semua, tapi saya baru beli 5, kebetulan lagi diskon, 9 ribuan. Semoga di kotamu juga diskon, hehehe. Ayo buruan cari.

    B. Ceritanya kocak banget, ringan seringan-ringannya tapi tetap ada pesan moral di dalamnya. Dilengkapi juga ilustrasi-ilustrasi kocak, bacanya gak ada bosan-bosannya deh.

    C. Identitas buku lengkap ada di review saya yah, penerbitnya mizan fantasy penulisnya cressida cowell
    https://dhaniramadhani.wordpress.com/2015/05/13/how-to-train-your-dragon/
    https://dhaniramadhani.wordpress.com/2015/05/22/how-to-be-a-pirate/
    https://dhaniramadhani.wordpress.com/2015/05/22/how-to-speak-dragonese/

    Dhani Ramadhani
    @DhaniRamadhani
    dhaniramadhani.wordpress.com
    dhanianwar.ramadhani2@gmail.com

    Selamat untuk blog barunya yah, Mput. Keep writing πŸ™‚

  4. A. Bulan. Cocok banget untuk yang lagi searching kisah fantasy yg gak menye-menye dan bikin ngantuk.

    B.

    Kak, Tau Tere Liye? Penulis yang satu ini punya buku fantasi berjudul Bumi yang diterbitin sama Gramedia setahun lalu. Dan sekarang dia sudah ngeluarin sequel kedua yang berjudul Bulan.
    Dari kedua buku fantasi ini aku terhipnotis sama seri keduanya. Walaupun ini sequel keduan, Bulan gak seratus persen mengikuti alur kelanjutan dari buku pertamanya.
    Kelebihannya kita bisa baca buku keduanya tanpa harus melototin cerita dibuku pertama.karena akan ada beberapa penjelasan yang mengungkit kisah dibuku pertama. Cukup kebantu.

    Tokoh utamanya ada tiga orang remaja tangguh dengan kekuatan unik yg mereka punya, Raib, Ali dan Seli. Mereka diminta secara spontan untuk ikut dalam festival tahunan yang berbahaya di negri Klan Matahari.

    Pure fantasi, kita gak akan menemukan kisah roman dibuku ini. Bahasanya juga gak berat, dan ceritanya mengalir begitu aja. Tema cerita tentang dunia yang terbagi atas beberapa Klan besar, Klan Bumi, Klan Bulan, Klan Bintang dan Klan Matahari bikin kita gak sulit untuk mencerna jalan ceritanya. Kisah di buku Bulan gak jauh dari tema perebutan kekuasaan, teknologi canggih dan keajaiban khas dunia fantasi modern.

    Semoga suka ya kak mput!

    C.
    Judul: Bulan
    Penulis: Tere Liye
    Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
    Tahun terbit: 2015
    Harga: IDR 88.000

    D. My Identity:
    Nama: Athaya I.
    Twitter: @JeruknipisAnget
    Email: athaya.irfan97@gmail.com
    Blog: –

  5. Hai Petronela Putri..
    Apapun latarbelakang pendidikanmu, apapun passion kamu, apapun genre tulisan favorite kamu, apapun hobbi kamu, saya percaya kamu tetap akan ketemu dengan filsafat sewaktu kuliah.. πŸ˜€
    Bagi sebagian orang filsafat sangat membingungkan, namun ada yang jatuh cinta dengan filsafat. Saya percaya dan meyakini filsafat sesungguhnya adalah akar dari semua ilmu pengetahuan.
    Persoalannya adalah filsafat itu sulit! Yah, mungkin kamu pun begitu. Waktu kuliah dosen saya menawarkan cara lain belajar filsafat yakni dengan membaca novel. Novel filsafat judulnya Dunia Sophie.
    DUNIA SOPHIE adalah sebuah novel karya
    Jostein Gaarder, diterbitkan di Indonesia oleh Penerbit Mizan tahun 1996. Sekuelnya juga tak kalah keren berjudul DUNIA ANNA yang juga diterbitkan Mizan tahun 2014. Baik Sophie maupun Anna adalah karakter utama dalam novel tersebut yang hidup dengan dunianya sendiri. Novel ini menawarkan cara berbeda belajar filsafat namun melalui fiksi fantasi. Dunia Sophie menceritakan gadis kecil bernama Sophie yang terjebak dalam dunia filsafat dan Dunia Anna juga gadis kecil namun gelisah hatinya akan bumi dan pemanasan global. Selengkapnya? Beli novelnya yah.. :p
    Semoga menginspirasi..
    Hormatku,
    Muhammad Arsyad Yahya
    (@arsyad_yahya)

  6. A. Labirin Impian

    B. Ini kumcer hasil comot sana-sini dari beberapa bukunya Jose Luis Borges. Jadi bukan diterjemahan dari satu buku. Gak plek-plek fantasi. Orang luaran sana bilang kalau genre fiksi-fiksi Borges itu realisme magis. Buatku yang paling menarik adalah strukturnya. Ada salah satu cerita di sini yang plotnya melingkar. Jadi kamu gak tahu mana yang sebenarnya penyebab dan mana yang akibat. Yang menarik juga adalah detail. Latar belakang Borges yang seorang jurnalis bikin dia bisa menyusun sebegitu banyak detail jadi jalinan cerita yang asyik. Saya bilang Labirin Impian ini gak begitu berat, karena kalau mau lebih penasaran lagi bisa baca karyanya yang menang Nobel Sastra, Seratus Tahun Kesunyian (One Hundred Years of Solitude). Lebih tebal dan waktu saya pertama kali baca kayak lagi nonton telenovela Meksiko yang episodenya sepanjang Tersanjung. Berentet gak abis-abis. Tapi di lapisan yang lain sebenarnya kita sedang didongengin tentang sejarah Amerika Latin.

    C. Labirin Impian itu terbitan LKiS tahun 1999. Penerjemahnya Hasif Amini. Menurutku terjemahannya sudah enak dibaca. Ada kata pengantar dari Nirwan Dewanto

    Semoga pas sama mood membacanya ya, Mb. Selamat juga buat blog barunya πŸ™‚

    remon (@remonteye)

  7. Mpuuuttt. Coba baca Liesl & Po deeh. Fantasi tapi ga high gitu, ada ilustrasinya juga dan tipiis.
    Terus ngga berseri pulaa ((penting)) jadi ga perlu ngabisin duit buat koleksi terusannya XD

    Ini data bukunyaaa :

    Judul Buku : Liesl & Po

    Penulis : Lauren Oliver

    Penerjemah : Prisca Primasari

    Penyunting : Esti A. Budihabsari

    Penerbit : Mizan Fantasi

    Cetakan I : April, 2013

    ISBN : 978-979-433-712-7

    http://www.orybooks.com/2013/07/liesl-po.html?m=1

    Moga moga suka beneran ya mpuuut :))

    Alvina ayuningtyas
    @alvina13
    orybun@yahoo(dot)com

  8. A. Fantasi yang nggak berat ya? Coba Dunia Anna kak! Kalau Dunia Sophie rasanya terlalu berat, kedua buku tersebut adalah karya Jostein Gaarder. Ada juga buku dari penulis Indonesia, judulnya Ally-All These Lives, ini karya penulis Indonesia yang menurutku keren banget!

    B. Dunia Anna itu filsafatnya ada tapi nggak berat, jadi nyaman dibacanya, aku bacanya cuma sekali duduk dan aku kagum sama buku itu *psst, meskipun ada satu bagian yang sampai sekarang nggak kumengerti*.
    Kalau Ally-All These Lives itu keren juga, bercerita tentang Ally yang merasakan ‘ketidak beradaan’, contohnya adalah ketika pertama kali dia merasakan hal tersebut, dia langsung menemukan dirinya yang tadinya adalah seorang anak tunggal, kemudian menjadi seorang anak sulung dengan seorang adik laki-laki. Aku baru baca Ally sampai bab 5 kalau nggak salah, soalnya buku itu punya tanteku huhu, belum sempat ketemu lagi jadi belum lanjutin baca buku itu, waktu itu juga lupa minjem. Intinya semakin banyak kejadian aneh yang dihadapi oleh Ally, mulai dari kejadian yang sudah pernah dialaminya tapi kemudian terulang kembali , orang yang sudah dikenalnya dan sering bertemu dengannya yang mengaku belum pernah bertemu Ally sebelumnya. Intinya ini fokus ke Ally dan ketidak beradaannya itu. Aku aja sampai sekarang masih penasaran sama kelanjutan kisah Ally, bagaimana akhirnya kehidupan Ally terus berlanjut.

    C.
    Judul : Dunia Anna
    Penulis : Jostein Gaarder
    Penerbit : Mizan
    Terbit : Oktober 2014
    Tebal : 244 Halaman
    ISBN : 978-979-433-842-1
    Harga : Rp.45.000
    Link review : http://fikriah-bookaddict.blogspot.com/2015/03/review-dunia-anna-by-jostein-gaarder.html

    Judul : Ally – All These Lives
    Penulis : Arleen A
    Penerbit : Gramedia
    Code : 978-602-03-0884-5
    Harga : Rp.59.000
    Terbit : 22 Januari 2015
    Halaman : 264 Halaman
    Genre : Fiksi, Fantasi, Romance
    Ini sepenggal cerita dua bab pertama Ally, waktu itu ikutan event yg diadakan penilisnya, jadi dikirimin dua bab pertama : http://fikriah-bookaddict.blogspot.com/2015/01/ally-ketika-semuanya-kembali-berubah_3.html

    D. Nama : Fikriah Azhari
    Twitter : @Lovaren_
    Facebook : Fikriah Azhari
    Blog : http://fikriah-bookaddict.blogspot.com/
    Email : Fikriahazhari@gmail.com

    Hihi aku ikutan ya kak Mput ^^

  9. Aku jarang baca novel terjemahan kak Mput, tapi fantasi yang nggak berat mungkin Cantik itu Luka-nya Eka kurniawan. Jadi novel ini fantasy sejarah dan seks (tapi seksnya gak separah Namaku Matahari). Meskipun tebal tapi novel ini gak berat-berat banget kak, semuanya ngalir. Untuk reviewnya bisa dilihat disini ya kak http://arsip-buku.blogspot.com/2015/04/review-cantik-itu-luka-eka-kurniawan.html

    Buku ke dua Namaku Matahari-nya Remy sylado. Buku ini juga fantasi seks. Aku belum selesai baca ini karena sekarang bulan Ramadhan jadi aku hentikan dulu membacanya.

    Eh kak ngomong-ngomong aku merasa agak gimana gitu ngerekomendasiin 2 buku yang dua-duanya buku begituan *maafkeun*

    Nama: Wulida
    Twitter: @Jm_nim
    blog: http://arsip-buku.blogspot.com/

  10. A. Aku sih pengin rekomendasiin kakak baca novel TIME[S] karya kak Ayaswords.. ini buku kedua, buku pertamanya berjudul MASK[S]. Genrenya sih sci-fic. Buku ke-3nya, MAGNET[S] akan terbit akhir tahun ini.

    B. Keunggulan bukunya? Ini novel fantasi pertama dari penulis lokal yang aku baca. Bahasanya ringan, setting tempatnya nyata kok. Penulis berhasil meramu tentang teknologi, manusia, dan dibumbui tentang cinta yang nggak membosankan. Pokoknya kayak cerita yang ditulis penulis luar negeri, tapi aku sendiri kaget pas tau ternyata penulisnya anak UNPAD. Kakak akan penasaran dan novel TIME[S] harus dibaca sekali jalan πŸ˜€

    C. Identitas buku?
    aku pernah coba latihan me-reviewnya di blogku (zaman pertama kali kenal review) : https://diasshintaiyas.wordpress.com/2015/01/10/review-novel-times/
    Judul : TIME[S]
    Penulis : @ayaswords
    Penerbit : PT Grasindo
    Tahun Terbit : 2014
    Tebal : ix + 358 hlm.
    Harga : Rp 58.000,00

    D. Identitasku?
    Nama : Dias Shinta Devi
    twitter : @DiasShinta
    email : diasshinta.iyas@gmail.com
    blog : diasshintaiyas.wordpress.com

  11. A. Untuk genre fantasi aku rekomendasiin The Reveter karya Frida Kurniawati. Ada juga Half Bad karya Sally Green. Atau Seoul Mate dari Lia Indra Andriana

    B. The Reveter bacaan ringan, beda dengan buku fantasi lainnya, buku karya anak bangsa ini bercerita tentang Reveter, yaitu pengendali mimpi. Cocok untuk bacaan penghilang bosan. Half Bad-nya Sally Green, walaupun ngga terlalu ringan tapi buku yang menceritakan tentang penyihir ini beda. Terjemahannya juga lumayan dan aku suka banget pengambilan sudut pandangnya. Seoul Mate-nya Lia bener-bener ringan, fantasi yang bukan tentang sihir atau pengendali apapun, tapi tentang kelompok yang membantu manusia dan hantu.

    C. Half Bad by Sally Green
    Penulis : Sally Green
    Penerjemah : Reni Indardini
    Desain sampul : Fahmi Ilmansyah
    Penerbit : Mizan Fantasi
    Tahun terbit : 2015
    Tebal : 430hlm

    The Reveter by Frida Kurniawati
    Editor : Elizabeth
    Penerbit : Elf Book
    Tahun terbit : 2013
    Tebal : 236hlm

    Review Seoul Mate

    Review Seoul Mate Is You

    D. Nama : Arfina Tiara Dewi
    Email : Arfina.tiara123@gmail.com
    Twitter : @ipinkaramel
    Blog : http://Kamoreviewblog.blogspot.com

  12. A.

    ehm kalo fantasi yang gak berat, aku mau rekomendasiin InterWorld – Neil Gaiman dan Michael Reaves.

    B.

    InterWorld ini bercerita tentang Joey Harker yang suka tersesat, bahkan di rumahnya sendiri. sampai suatu ketika dia tersesat di suatu dunia di mana dia ternyata udah meninggal. saat itulah dia ditolong seseorang bernama Jay yang memiliki wajah yang sama dengannya. dari Jay, Joey baru tahu kalo dia ini seorang Pelintas, istilah yang digunakan untuk seseorang yang bisa Berjalan antardimensi (atau sebut saja bisa melintasi antar dunia paralel).

    aku salut sama Neil Gaiman & Michael Reaves. ide cerita novel ini sangat unik! aku selalu suka novel yang menceritakan tentang dunia paralel, tapi baca ini bikin aku ngerasa wow karena konsep yang ditawarkan beda sama yang lain. kenapa aku sebut beda? karena ada paduan unsur sains dan sihir di novel ini. sains untuk kaum Binary yang mendewakan ilmu pengetahuan dan HEX yang mengandalkan sihir. dua kaum ini diceritakan bersiteru untuk menguasi Multiverse. nah, Joey akhirnya memutuskan bergabung dengan pasukan yang isinya versi2 lain dirinya. kebayang gak, ketemu belasan orang yang mukanya mirip sama kita, tapi punya kemampuan beda2? nah, itulah yang dirasain Joey. hmm, seriusan selama baca ini seketika aku bayangin ketemu aku tapi versi lain. pasti seru banget tuh! xD

    oya, meski novel ini tentang dunia paralel, tapi gak bikin bingung kok karena penjelasannya gak rumit. terjemahannya juga lumayan bagus dan bisa dibaca sehari aja karena gak tebel.

    C.

    Judul: InterWorld
    Pengarang: Neil Gaiman, Michael Reaves
    Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2010)
    ISBN: 9789792258905
    Jumlah Halaman: 274 halaman
    Tahun Terbit: 2007

    D.

    Nama: Eni Lestari
    Twitter: @dust_pain
    Blog: https://doitdoitbetter.blogspot.com
    Email: shinra2588@yahoo.com

  13. A. Kebetulan aku suka genre fantasi sains hehehe… jadi merekomendasikan novel the ark karya boyd morrison. Selain menghibur novel ini memiliki banyak pengetahuan lho… ceritanya tentang arkeolog muda bernama dilara kenner yg mengalami hal tak terduga ketika temannya dibunuh dihadapannya dan dia yg menjadi sasaran pembunuh. Bersama tyler lock dia berusaha mencegah penemuan bahtera nuh yg melegenda sari sekolompok orang tak dikenal. Bahtera nuh ini menyimpan sebuah rahasia yg dpt membinasakan manusia.
    B. Keunggulan novel ini: ceritanya mengalir. Menegangkan dan banyak hal tak terduga… aku sangat suka novel ini krn byk pengetahuan terutama ttg bahtera nuh yg sangat rahasia itu.
    C. Judul the ark
    Penulis: boyd morrison
    Penerbit: imania
    D. Nama: rizqa nurul hidayanti
    Email: rizqanurulhidayanti@yahoo.co.id
    Twitter: @nurul_rizqa
    Blog: dreamwitchemustry.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *