Awalnya iseng ngobrol sama para kru @Linebookshop untuk bisnis kaos. Malahan awalnya itu karena Bella selaku admin 2 melihat sebuah kaos lucu entah di mana, tulisannya: eat, sleep, read.

Kami kemudian tertarik dan pengin bikin kaos versi sendiri, tapi berhubungan dengan buku. Sebenarnya pun, bisnis kaos bukan sesuatu yang baru di kalangan anak muda. Sudah terlalu banyak yang mencobanya. Kaos yang berhubungan dengan kutipan buku juga bukan sesuatu yang baru. Sudah banyak pula yang mencoba sebelumnya, walau dengan berbagai hasil. Ada yang memang laris manis, ada yang memang nggak laris kemudian stuck.

Kami menyadari hal ini, bahwa semua usaha pasti ada risikonya. Tapi kita tak akan tahu jika tidak mencoba. Berbekal pengetahuan yang pas-pasan, akhirnya saya bersama @Linebookshop kemudian memberanikan diri membuka survey di Twitter, tentang kaos dan kutipan seperti apa sih yang diinginkan konsumen. Karena harus diakui, LBS selalu berusaha agar apapun yang kami ciptakan, sesuai dengan selera bersama.

Walau memang, kita tak bisa menyenangkan banyak orang. Tidak semua keinginan konsumen bisa kami penuhi. Pendapat pasti dicatat, kemudian dipertimbangkan lagi, diolah lagi, hingga muncul hasil final tentang kaosnya.

Mengenai desain, saya menyerahkannya pada seorang teman yang memang anak desain. Kira-kira perlu nggak saya sebut namanya? Haha. Tapi jangan, deh. Biar kesannya eksklusif, kalian bisa mengenal dia lewat desainnya saja. Kelak, jika LBS membuat kaos lagi, mungkin kami akan kerjasama lagi dengan dia. Yang jelas, sih, desainnya memang bagus, dan saya cukup puas dengan desain simpel tapi ngena yang dibuat untuk Kaos LBS kali ini.

capture LBS tweet

Hasil dari PO kaos perdana ini sungguh mengejutkan 🙂 Benar-benar mengejutkan. Kami membuka PO selama kurang lebih 2 minggu. Ternyata selewat itu pun, bahkan ketika kaosnya sudah jadi dan siap kirim, masih ada yang ingin memesan bahkan berkata siap transfer saat itu juga. Tapi karena stok sudah habis, mau nggak mau akhirnya waiting list dari konsumen yang masih belum membayar. Saya sama sekali tidak menyangka bahwa Kaos LBS akan habis dari stok yang sudah kami perkirakan, bahkan kurang. Ini sebuah penghargaan tersendiri bagi Linebookshop dan tentu saja desainernya 🙂

Nah, sekarang kaos sudah selesai, akan segera dikirim, dan sampai jumpa di project berikutnya. 🙂 Kami akan berusaha menciptakan project ciamik lagi buat kalian. Muahahaha! #JiwaDagangnyaKeluar #OrangPadang

Foto: dokumentasi pribadi via @Linebookshop
Foto: dokumentasi pribadi via @Linebookshop
(Visited 54 times, 1 visits today)

2 Thoughts to “(Mencoba) Bisnis Kaos”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *