Coretan

Kuliah Gratis di Universitas Ternama

Gambar dari sini
Gambar dari sini

Pernahkah kalian membayangkan, bagaimana orang zaman dulu mati-matian berusaha untuk bisa melanjutkan studinya? Terlebih ketika sudah menyelesaikan Sekolah Menengah Atas dan ingin belajar/kuliah ke luar negeri?

Mereka harus giat mencari informasi ke sana-sini, menyusun berkas-berkas dengan rajin, hingga mengikuti tes, lalu berujung pada bangku universitas yang dituju -nan jauh di sana, jika memang lulus.

Lalu pernahkah kalian juga membayangkan, betapa mudahnya kehidupan kita sebagai anak zaman sekarang? Anak-anak kekinian, katanya. Anak-anak yang hidup di zaman serba canggih, serba online, dan serba praktis ini. Jika mencari beasiswa ke luar negeri, kita bisa mengetikkan kata kunci di mesin pencari Google, lalu langsung muncul banyak sekali beasiswa yang mungkin sesuai. Dan ketika sudah menemukannya, kita juga bisa mengirimkan/submit berkas secara online.

FL1

Nah, di samping itu semua, masih ada hal lain yang lebih menggiurkan. Dulu saya tak pernah berpikir ingin mengambil kuliah atau kursus di luar negeri, karena saya pikir itu akan mahal biayanya. Ya, ya, memang ada beasiswa, tapi jangan anggap semua orang suka bergantung pada beasiswa –saya salah satu yang lebih suka bekerja dan menghasilkan uang sendiri, ketimbang bergantung pada beasiswa. Entah mengapa, lebih enteng saja rasanya, menggunakan uang sendiri. Menggunakan uang orang lain itu rasanya beban sekali. Saya dituntut untuk sempurna, dan saya tidak mampu.

Kembali ke topik awal, ada yang lebih menarik dari itu semua: kuliah/kursus gratis secara online. Mengapa online? Mungkin karena jarak tempuh untuk bisa bertatap muka sangatlah jauh, mungkin juga agar bisa menjangkau lebih banyak orang untuk belajar dalam satu kelas yang sama.

FL2

Adalah Future Learn, sebuah website menarik yang saya temukan atas saran teman. Di sana, kita bisa mendaftarkan diri secara gratis, kemudian mengikuti kelas-kelas yang disediakan. Semacam kuliah umum atau kursus pendek. Jangka waktunya pun tak lama, ada yang sebulan, ada yang tiga bulan, dan sebagainya.

Pengajarnya adalah dosen-dosen dari berbagai universitas di luar negeri, dan tentu saja menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, agar lebih memudahkan interaksi. Jadi, semua materi dan tugas serta kuismu akan dilakukan dalam bahasa Inggris. Bonusnya, selain mendapat ilmu, jika kuliah di sini, kamu akan terbiasa mengasah kemampuan berbahasa Inggrismu. Menarik, kan? Menarik!

Kelas pertama yang saya ikuti bernama Start Writing Fiction yang diselenggarakan oleh Open University atau Universitas Terbuka. Yap, seperti yang kita ketahui, bahwa di luar negeri ada banyak sekali mata kuliah unik, salah satunya adalah kelas menulis fiksi ini. Dosen akan memberikan materi via video, e-book, maupun voice note. Dan ketika kamu sudah menyelesaikan beberapa langkah, kamu diminta untuk submit tugasmu di wall grup, sehingga teman kelas yang lain bisa membaca/mengomentarinya. Atau kalau kamu beruntung, dosennya sendiri yang akan meninggalkan komentar. Setiap kali usai memberikan beberapa materi, akan ada kuis sebagai selingan. 10 soal yang sebenarnya tidak berpengaruh pada nilai atau apa pun, namun cukup bagus untuk jadi soal latihan.

Dan tenang, kamu juga bisa mendapatkan sertifikat. Tapi tentu saja ada biaya untuk menebus dan mengirimkannya ke rumahmu. Kelasnya boleh saja gratis, tapi untuk mengirim paket, logikanya kan pasti butuh biaya 🙂 Biayanya kalau tidak salah dihitung dalam mata uang Poundsterling, yang jika dirupiahkan bisa mencapai hampir Rp 500.000,- termasuk ongkos kirim ke seluruh dunia. Jika kamu punya uang lebih, saya rasa itu tidak berlebihan, untuk menebus banyak ilmu yang sudah kamu dapatkan dari Future Learn.

FL3

Dan sekarang, saya sedang dalam tahap minggu ketiga dari kelas menulis fiksi. Saya juga sempat mendaftarkan diri di kelas bahasa Belanda yang akan mulai di awal November besok.

Sesungguhnya di dunia serba canggih ini, tidak ada halangan berarti untuk terus belajar, bagaimana pun bentuknya 😛

Jadi, kamu akan masuk kelas yang mana? 🙂

(Visited 103 times, 1 visits today)

5 thoughts on “Kuliah Gratis di Universitas Ternama

  1. Aku ikut banyak banget, hahaha. Salah satunya ya kayak kamu sih, mbem. Dan ini yang paling aku enjoy, karena sesuai minat kali, ya.

    Pengin beli sertifikatnya tapi masih mikir-mikir, hiks.

  2. Ish.. Ini menarik juga. Open University yang di luar negeri yak…
    Kalau di Indonesia ada IndonesiaX dan Universitas terbuka juga adain kursus online deh.
    Thanks Infonya, btw. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *