Coretan, Tentang Menulis

Membuat Halloween Mini Party

Jakarta – Besok tepat tanggal 31 Oktober 2015, orang-orang di Amerika dan beberapa negara lain akan merayakan Hari Halloween atau Halloween Day! Di Indonesia, Halloween bukan tradisi lokal, sehingga jarang dirayakan. Hanya saja, ada mal-mal tertentu di ibukota yang kerap membuat lomba kostum Halloween. Nah, tapi jangan kecewa, dengan beberapa tips di bawah ini, kamu bisa membuat suasana Halloween sendiri di rumahmu, lho!

Asal-usul perayaan Halloween
Halloween
sebenarnya adalah tradisi masyarakat Irlandia, yaitu Festival Samhain. Festival ini adalah kebudayaan orang Gael di Irlandia, di mana pada hari itu mereka akan menyembelih hewan dan menimbun makanan untuk cadangan musim dingin. Nah, menurut kepercayaan mereka, pada tanggal 31 Oktober –yang kini diperingati sebagai hari Halloween, adalah hari di mana terbukanya batas antara dunia orang mati dengan manusia yang masih hidup. Budaya ini kemudian masuk ke Amerika Serikat karena dibawa oleh orang Irlandia yang beremigrasi ke sana.

Perayaan Halloween ala Anak-anak Amerika
Di Amerika, anak-anak merayakan Halloween dengan menggunakan kostum seram, atau bisa juga kostum yang dibuat sesuai kreativitas mereka masing-masing. Kemudian, mereka akan mendekor rumah-rumah dengan atribut seram, ditambah labu yang diukir menjadi bentuk wajah. Pada malam hari, mereka akan berkeliling ke rumah-rumah tetangga untuk meminta permen/cokelat. ‘Trick or treat!” adalah ucapan khas yang akan mereka ucapkan ketika si pemilik rumah membukakan pintunya.

Merayakan Halloween Mini Party di Rumah
Di Indonesia, tidak ada perayaan Halloween dari rumah ke rumah. Tetapi, jika kamu tertarik untuk melakukannya, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan, guys!

  1. Nonton film

Kamu bisa mengajak teman-temanmu menginap di rumah, kemudian marathon menonton film bertema Halloween bersama-sama. Ada banyak film seram dengan tema Halloween. Beberapa di antaranya seperti A Nightmare on Elm Street, Scream, atau jika kamu tidak terlalu menyukai film horror, kamu bisa menonton Hotel Transylvania yang mengundang tawa.

  1. Membuat camilan edisi Halloween

Ini termasuk kegiatan yang mengasyikkan, guys. Kamu bisa membuat berbagai macam camilan khas Halloween bersama keluarga atau temanmu. Misalnya, cake yang dihias dengan mainan labu di atasnya, atau dihias seperti mata zombie. Alternatif lain yang bisa kamu coba adalah puding labu. Mendapatkan resepnya pun tidak begitu sulit, karena kamu bisa mencarinya dari internet. Yummy!

  1. Mengukir labu bersama

Mengukir labu adalah hal yang jarang dilakukan di Indonesia. Tapi labu-labu kuning tersebut tetap bisa kamu beli di pasar, kemudian kamu benar-benar bisa mengukirnya menjadi wajah, lho. Namun, kamu harus berhati-hati, atau meminta bantuan orangtuamu, ya. Sebab kegiatan ini memerlukan pisau yang tajam, serta ketelitian dalam melakukannya.

  1. Menggunakan kostum sederhana

Untuk menambah kesan dan suasana Halloween, kamu juga bisa menggunakan kostum-kostum sederhana yang bahannya bisa kamu temui di rumah. Misalnya menggunakan bando kucing, kemudian melukis wajahmu dengan hidung dan kumis ala kucing yang sebenarnya. Nah, cukup menarik, ya!

 

Itulah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk merayakan Halloween di rumah. Tapi, tetap berhati-hati dan jangan sampai rumahmu jadi berantakan, ya! (foto: singsingmiani.com)

*

Tulisan yang saya buat untuk web kantor, tapi tidak sempat dipublikasikan. Judulnya: dibuang sayang. Jadi diposting di sini aja. Makanya formatnya masih artikel formal 😛

(Visited 58 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *