Dieng berasal dari bahasa Sansekerta yaitu “di” yang berarti tempat tinggi, dan “hyang” yang artinya khayangan. Secara umum, bisa disimpulkan, nama Dieng berarti tempat yang tinggi, atau tempat tinggal para dewa. Dataran tinggi Dieng terletak di 2.093 DPL, dan candi-candi yang ada di Dieng termasuk candi Hindu tertua di Indonesia.

Objek wisata pertama yang saya singgahi setibanya di Dieng adalah Sumur Jalatunda. Sebenarnya objek yang satu ini bukan awal yang baik, sebab menurut saya kurang menarik. Tapi mungkin pihak travel agent memilihnya sebagai objek pertama sebab lokasinya yang paling jauh dan hanya berupa satu spot, sehingga tak perlu berlama-lama berada di sana.

IMG-20160327-WA0293

Sumur Jalatunda memiliki mitos, jika perempuan bisa melempar batu hingga ke tengah telaga tersebut, maka cita-citanya akan terkabul. Begitu pun dengan laki-laki. Hanya saja, target lemparan untuk lelaki lebih jauh, yaitu hingga ke seberang telaga. Saya sendiri bingung harus menyebutnya sumur atau telaga atau danau kecil. Sebab, Jalatunda bukan sumur bulat kecil sebagaimana biasanya. Jalatunda cukup lebar seperti kolam, airnya serupa danau.

Di sana juga ada beberapa penduduk setempat yang berjualan. Di bagian bawah, kita akan mendapati pedagang makanan. Sedangkan di bagian atas (untuk mencapai lokasi, kita harus menaiki sekian anak tangga), ada yang menjual batu untuk dilemparkan. Satu buah batu dihargai Rp 500,00 dan dari yang saya perhatikan, cukup banyak wisatawan yang tertarik untuk ikut melemparkan batu.

Memilih batu untuk dilemparkan
Memilih batu untuk dilemparkan

Saya dan Mbok D tidak ikut serta, dan memilih untuk memikirkan cara mengambil foto yang ciamik di antara kerumunan wisatawan. Sebab, lokasi Jalatunda agak sempit untuk dimasuki 65 orang sekaligus. Dan dari atas, pemandangannya pun tidak terlalu menarik buat saya.

Setelah 15 menit, kami dihimbau untuk masuk kembali ke dalam bis, menuju lokasi berikutnya. Di kawasan kedua inilah nantinya saya merasa lebih takjub.

(Visited 36 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *