Coretan

Tentang Apa Saja yang Bisa Kamu Lakukan dengan Buku Catatan Kecil

Tempo hari saya memesan beberapa jenis barang di sebuah toko online, termasuk sebuah notes atau buku catatan kecil. Dari harganya yang memang relatif murah, saya bisa membayangkan bahwa buku catatan tersebut sepertinya tipis sekali. Tapi, saya tidak menyadari bahwa ukurannya kecil dan hanya sebesar telapak tangan. Ketika barangnya sampai, saya agak terpana (tidak bisa dibilang kecewa, karena harganya pun tak mahal).

Kemudian, saya memutar otak, kira-kira saya bisa memanfaatkan buku catatan mini ini untuk apa saja, ya? (Tentu saja agar buku ini tidak mubazir –maklum, orang Padang, perempuan, mantan anak Akuntansi pula *lho*)

  1. Daftar Belanjaan
    Jika kalian termasuk sering belanja ke supermarket dan seringkali lupa membeli sesuatu, menuliskan daftar belanjaan mini sepertinya bisa menjadi ide yang menarik. Memang sih, bisa menuliskannya di ponsel, tapi kalau saya pribadi merasa ribet harus mencari-cari di ponsel ketika sudah terburu-buru dan sudah tiba di lokasi belanja. Hihi.
  2. List vocab atau kata unik
    Kalau kamu senang belajar, entah itu  bahasa Inggris atau Indonesia, buku catatan mini juga bisa menjadi teman yang asyik. Kamu bisa menuliskan vocab yang sulit, sehingga kamu mengingatnya dengan baik. Katanya, kita lebih gampang mengingat sesuatu ketika menuliskannya. Atau, jika kamu menemukan kata unik dalam bahasa Indonesia, kamu juga bisa membuat daftarnya di buku ini. Suatu hari pasti berguna, entah untuk menulis sajak atau menulis fiksi. Hmm, atau kamu ingin menuliskan vocab di bagian depan dan kumpulan kata unik berbahasa Indonesia di bagian belakang?
  3. Menulis fiksi pendek
    Inilah yang kemudian saya lakukan, menuliskan fiksi pendek. Saya merasa sudah terlalu lama tidak menulis fiksi dengan tulisan tangan. Jadi, tadi malam saya memutuskan untuk mulai menuliskannya lagi. Daripada buku catatan kecil ini mubazir, bukan?
  4. Mencatat informasi penting
    Jika pekerjaanmu menuntut untuk mencatat cepat, kamu pasti butuh buku catatan kecil. Wartawan misalnya, seringkali membutuhkan alat perekam maupun buku catatan ketika sedang mewawancarai narasumbernya.
  5. Menggambar
    Ketika kamu tidak tahu lagi ingin menggunakannya untuk apa, mungkin kamu bisa menggunakan buku kecil untuk menggambar. Jangan salah, jika kamu memang berniat dan terbiasa menggambar, sekadar coretan iseng saja bisa jadi gambar bagus. Berbeda dengan saya yang lebih suka menulis, ketika mencoret sebuah gambar, malah jadinya kayak alien turun ke bumi. Hiks.

Kira-kira itulah beberapa hal yang bisa jadi ide bagus untuk memanfaatkan buku catatan kecil. Dan jangan dipakai untuk mencatat dosa, kali aja nggak bakalan cukup. Kan nggak lucu kalau kamu harus membeli yang baru lagi.

😛

(Visited 154 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *