#KentjanJakarta

#MasihIngatMei – Perjalanan Sehari Penuh Bersama KontraS

10cf8e4c9fc49482bd292ac312e4f7f625ebca5f

Pada Sabtu (21/5) kemarin, saya mengikuti sebuah kegiatan yang diadakan oleh KontraS (Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan). Kegiatan kami pada hari itu bertajuk #MasihIngatMei yang disusun menjadi beberapa titik tujuan. 21 Mei juga menjadi hari mundurnya Presiden Soeharto dan jatuhnya Orde Baru –tepat 18 tahun yang lalu.

Kami berkumpul di kantor KontraS di Jl. Kramat II No. 7, Jakarta Pusat, sejak pukul sembilan pagi, dan melakukan perjalanan menggunakan sebuah bus setelah berkumpul sebentar untuk pendaftaran ulang serta pembukaan acara.

This slideshow requires JavaScript.

City Tour hari itu dimulai dengan mendatangi lokasi kerusuhan Tanjung Priok pada 12 September 1984, dilanjutkan dengan menjelajah kawasan Glodok –sebuah kawasan china town atau pecinan di Jakarta yang mengalami kerusakan parah ketika kerusuhan Mei 1998 menjelang keruntuhan Orde Baru. Setelah dari sana, KontraS sempat memberikan ‘kejutan’ dengan mengajak kami ke Monas untuk menyaksikan orasi dari teman-teman aktivis buruh, mahasiswa, dan teman-teman LGBT.

Setelah makan siang, kami melanjutkan perjalanan ke Universitas Trisakti yang berada di Grogol, Jakarta Barat. Di sana, 18 tahun lalu, 4 orang mahasiswa tewas ditembak aparat. Peristiwa yang mungkin sulit untuk dilupakan orang-orang di negeri ini. Selepas dari Trisakti, kami diajak ziarah ke makam Pramoedya Ananta Toer di kawasan Karet Bivak, dan perjalanan usai di Mal Klender yang dibakar habis ketika 1998 silam.

Di dalam perjalanan, KontraS juga mendatangkan beberapa orang saksi sejarah -baik keluarga korban maupun mereka yang hidup di zaman ketika peristiwa tersebut terjadi. Ini merupakan hal yang seru buat saya, sebab mendengarkan sejarah langsung dari orang-orang yang mengalaminya sendiri.

Selengkapnya akan saya tulis dan bagi ke dalam beberapa postingan. Selamat menyimak.

Catatan: Chirpstory dari livetweet saya kemarin bisa disimak di sini.

  1. #MasihIngatMei – Tragedi Tanjung Priok 1984
  2. #MasihIngatMei – Penjarahan dan Pembakaran Glodok, serta Pemerkosaan Etnis Tionghoa 1998
  3. #MasihIngatMei – Menyaksikan Orasi di Monas
  4. #MasihIngatMei – Mengenang 18 Tahun Reformasi dan Mahasiswa yang Dibunuh Bangsanya Sendiri
  5. #MasihIngatMei – Mengunjungi Pram, Eks Tapol yang Menjadi Sastrawan Besar
  6. #MasihIngatMei – Kebakaran Klender 1998 dan Duka Berkepanjangan
(Visited 64 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *